• Rabu, 29 Juni 2022

Strategi Peningkatan PAD dan Pengelolaan Aset Sumsel Jadi Contoh DPRD Sumut

- Kamis, 17 Februari 2022 | 22:05 WIB
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat menerima cinderamata dari komisi C DPRD Sumut (Pemprov Sumsel)
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat menerima cinderamata dari komisi C DPRD Sumut (Pemprov Sumsel)

infosumsel.ID - Anggota Komisi C DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melakukan studi banding ke Pemprov Sumsel bagaimana cara menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta tatakelola managemen pengelolaan Aset Daerah.

Kunjungan kerja para anggota DPRD Sumut yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi C DPRD Provinsi Sumut Benny Harianto tersebut diterima langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru bertempat diruang audiensi kantor Gubernur, Kamis (17/2/2022) siang.

Baca Juga: Herman Deru Minta KPPU RI Awasi Persaingan Usaha di Jalan Tol Kayuagung

Dalam kesempatan itu Gubernur Herman Deru menyampaikan ada beberapa strategi yang dilaksanakan Pemprov Sumsel dalam meningkatkan PAD, antara lain mengoptimalkan potensi kesadaran masyarakat dala. membayar pajak. Selain itu Pemprov membentuknya Satgas Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) pada Perairan/Laut.

“Setiap Provinsi non DKI rata-rata mengandalkan PAD dari pajak kendaraan. Alhamdulillah kesadaran masyarakat Sumsel dalam membayar pajak kendaraan bermotor sangat tinggi. Sebagai apresiasi dari Pemprov infrastruktur jalan diperbaiki. Optimalisasi PAD ini juga kita kelola secara transparan,” ungkapnya.

Baca Juga: Ahli Gizi : Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) dari Konsumtif Menjadi Produktif

Herman Deru menuturkan, belum lama ini Pemeprov Sumsel juga telah menginisasi pemberian Reward berupa penempelan stiker hologram tanda lunas bayar pajak baik kendaraan roda dua dan roda empat.

“Pemasangan stiker hologram tanda lunas pajak kendaraan ini yang pertama di Indonesia. Tujuannya menandakan kepatuhan wajib pajak bagi yang bersangkutan," tuturnya.

Baca Juga: KPK Beberkan Kronologis Kasus Suap Terhadap Ditjen Pajak Kemenkeu Oleh Dua Konsultan Pajak

Bapak pembangunan Provinsi Sumsel ini mengakui, Provinsi Sumsel berhasil melampaui target penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB) yang ditetapkan pada 2021. Keberhasilan tersebut, tidak lepas dari kebijakan Gubernur melakukan pemutihan pajak kendaraan bermotor.

"Mendekati akhir tahun kita berikan keringanan kepada masyarakat yang menunggak pajak kendaraan dengan menghapus sanksi administrasi denda bunga pajak serta denda bunga BBNKB yang dimulai 1 Oktober hingga 31 Desember 2021," paparnya.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X