• Senin, 27 Juni 2022

Rumah Kembar Tuan Kentang Salah Satu Destinasi Wisata Pinggiran Sungai Musi

- Senin, 14 Maret 2022 | 07:30 WIB
Rumah Kembar Tuan Kentang telah hadir sejak tahun 1918 oleh Saudagar ternama di kawasan Tuan Kentang bernama H.M Mahmud bin Tedjo (instagram dinas pariwisata kota palembang)
Rumah Kembar Tuan Kentang telah hadir sejak tahun 1918 oleh Saudagar ternama di kawasan Tuan Kentang bernama H.M Mahmud bin Tedjo (instagram dinas pariwisata kota palembang)

infosumsel.ID - Kota Palembang terkenal akan potensi wisata sungai karena banyak Destinasi wisata di pinggiran sungai musi salah satunya rumah kembar Tuan Kentang.

Rumah Kembar Tuan Kentang sendiri selain sebagai objek wisata di pinggiran sungai musi juga menjadi salah satu tempat destinasi untuk pecinta kain traditional dimana keindahan dari proses pembuatan kain jumputan Palembang.

Untuk menuju Rumah Kembar Tuan Kentang hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit ke selatan dari Jembatan Ampera tepat di kiri Jalan sebelum melintasi Jembatan Kertapati yang nama resmi jalannya Aiptu A.Wahab Kecamatan Seberang Ulu 1- Kota.

Baca Juga: Kemenag Tetapkan Label Halal Indonesia, Ini Respon MUI

Pada tahun 1918 oleh H.M Mahmud bin Tedjo saat itu seorang saudagar ternama di kawasan Tuan Kentang, mendirikan Rumah Kembar Tuan Kentang ini.

Disebut Rumah Kembar Tuan Kentang karena ada dua rumah yang bangunan sama persis, serta dibagian belakangnya menyambung dengan desain bangunan yang khas.

Baca Juga: 13 Hewan Ternak Sapi Mendadak Mati di Lahat, Ini Penyebabnya...

Rumah Kembar Tuan Kentang ini yang merupakan rumah panggung dikaloborasi ornamen Eropa dan rumah tradisional Palembang.Struktur bangunan rumah lama yang sangat kental akan tradisional Palembang.

Selain merupakan bangunan tua, Rumah Kembar Tuan Kentang ini memiliki jasa terhadap pejuang kemerdekaan Indonesia di masa penjajahan Jepang dimana menjadi tempat persembunyian pejuang kemerdekaan.

Baca Juga: Ketua DPD RI Beberkan Efek Kelangkaan Pangan, Minta Pemerintah Jangan Hanya Berwacana

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X