• Rabu, 29 Juni 2022

Menkes : 86,6 Persen Penduduk RI Memiliki Antibodi Terhadap Covid 19

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 22:36 WIB
Tenaga Kesehatan saat melakukan suntik vaksinasi kepada penduduk Indonesia (Foto : Kemenkes)
Tenaga Kesehatan saat melakukan suntik vaksinasi kepada penduduk Indonesia (Foto : Kemenkes)

infosumsel.ID - Hasil survei serologi antibodi penduduk Indonesia terhadap virus Covid 19 menyebutkan 86,6% populasi Indonesia memiliki antibodi terhadap COVID-19.

Hasil Survei serologi antibodi yang dilakukan pada November Desember 2021 disampaikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Tim Pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universias Indonesia.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan hasil survei serologi akan menunjukkan berapa persen penduduk Indonesia yang sudah memiliki antibodi terhadap virus Covid 19 pada bulan November-Desember 2021.

Baca Juga: Fasilitas RSUD Siti Fatimah Bikin Menkes Takjub

Namun seiring dengan masih dilakukannya vaksinasi COVID-19 maka jumlah penduduk yang memiliki kekebalan terhadap COVID-19 akan semakin bertambah.

"Sero survei perlu dilakukan karena ini akan dipakai oleh pemerintah sebagai dasar dalam menentukan kebijakan yang berbasis bukti,'' katanya dikutip infosumsel.ID dari situs www.kemkes.go.id, Sabtu (19/2/2022).

Dasar dari penelitian ini adalah mengukur berapa banyak tingkat penduduk yang sudah mempunyai tingkat kekebalan terhadap SARS-CoV-2.

Baca Juga: Ini Arti Nama Baswari Bahari Kapal Wisata Bottom Glass Yang Diresmikan Menhub

Tim Pandemi FKM UI yang juga melakukan sero survey Prof. Pandu Riono menjelaskan kekebalan imunitas seseorang menjadi dasar untuk mengendalikan pandemi. Kekebalan tersebut didapat dari upaya yang sistematik melalui vaksinasi dan didapat secara alami setelah seseorang terinfeksi SARS-CoV-2.

''Sejak Desember 2021 tepat pada penelitian ini berakhir, kita tahu berapa banyak penduduk berdasarkan umur, berdasarkan jenis kelamin, berdasarkan wilayah, yang mempunyai tingkat imunitas terhadap SARS-CoV-2,'' kata Prof. Pandu.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Sumber: Kemenkes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

43 Personil Polres Lahat Diganjar Penghargaan

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:35 WIB
X