• Rabu, 29 Juni 2022

Debu Batubara Rusak Kebun Warga di Lahat

- Selasa, 5 April 2022 | 21:11 WIB
Warga Lahat saat mediasi terkait debu batabara yang merusak lahan pertanian masyarakat (ismail/infosumsel.id)
Warga Lahat saat mediasi terkait debu batabara yang merusak lahan pertanian masyarakat (ismail/infosumsel.id)
infosumsel.ID - Debu batubara rupanya tidak hanya berimbas pada kesehatan saja, melainkan terhadap tanam tumbuh yakni, kebun warga yang ada di Desa Telatang, Kecamatan Merapi Barat, kini mulai rusak dari aktifitas penambangan mutiara hitam tersebut.
 
Kepala Desa (Kades) Talatang, Herdi Marlian membenarkan, bahwasanya penduduk desa menuntut kepada beberapa perusahaan yang beroperasi, mencarikan formulasi tepat agar lahan tidak semakin rusak.
 
 
"Meminta solusi dengan adanya ketergangguan lahan mereka yang berdampak limbah batubara, agar kiranya perusahaan mengoptimalkan kembali penyiraman," terangnya, Selasa (5/4). 
 
Dirinya menuturkan, menambah lagi armada tanki water untuk penyiraman, supaya debu batubara bisa di minimalisir.
 
 
"Meminta pertangungjawaban kepada pihak perusahaan terkait dampak akibat houling tersebut," tukas Herdi.
 
Sementara itu, Humas PT Mustika Indah Persada (PT MIP) Wisnu didampingi PT BSR Topan menuturkan, pihak perusahaan menampung segala aspirasi apa yang disampaikan warga Desa Telatang dan Muara Maung, terkait lahan masyarakat rusak akibat dampak debu houling batubara.
 
 
"Segala aspirasi warga kami tampung dan upayakan semaksimal mungkin, untuk mengurangi dampak debu di lahan kebun warga, selain itu, untuk penambahan tangki penyiraman akan Kami sampaikan ke pimpinan atas dikarenakan segala keputusan ada di manajemen pusat," tukasnya. 
 

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

43 Personil Polres Lahat Diganjar Penghargaan

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:35 WIB
X