• Senin, 27 Juni 2022

Warga Desa Lingkis OKI Keluhkan Kondisi Air Sungai Tercemar

- Selasa, 19 April 2022 | 19:58 WIB
Kondisi air sungai yang tercemar menyebabkan warga gatal-gatal (hendra/infosumsel.id)
Kondisi air sungai yang tercemar menyebabkan warga gatal-gatal (hendra/infosumsel.id)

infosumsel.ID - Warga Desa Lingkis Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir keluhkan selama dua pekan terakhir sungai di desa berubah warna coklat yang diduga akibat limbah pabrik.

Akibat sungai yang tercemar membuat warga mengalami gatal-gatal setelah menggunakan air sungai tersebut.

Salah seorang warga setempat yang tidak ingin disebutkan namanya meminta dinas tekait segera turun kelapangan untuk mengecek.

Baca Juga: Air Sungai Musi Keruh, Warga Empat Lawang Mulai Kesulitan Air Bersih

“Kita minta pemerintah untuk segera mengecek limbah yang ada di sungai tersebut, karena diduga limbah dari kelapa sawit,” 

Dia menambahkan, sejak 20 hari terakhir sudah banyak masyarakat yang mengeluhkan gatal-gatal. “Untuk itu, kami berharap pemerintah segera mengecek kondisi sungai itu,” katanya lagi.

Kepala Desa Lingkis Sopianto S.Kom saat dikonfirmasi membenarkan kondisi tersebut. Menurutnya, sejak dua pekan terakhir kondisi sungai di Desa Lingkis berubah warna kuning kecoklatan dan berminyak. Akibatnya, banyak warga yang mengeluh gatal-gatal.

Baca Juga: Pasca Jalan Lintas Lahat - Bengkulu Amblas, Warga Bangun Jembatan Darurat

Dari penuturan kades, setidaknya lebih kurang 50 warga yang melapor mengalami gatal-gatal setelah beraktivitas di sungai tersebut.

“Kita belum bisa memastikan apakah limbah itu dari salah satu perusahaan sawit atau bukan. Untuk itu, kita berharap Dinas Lingkungan Hidup bisa turun dan mengecek langsung kondisi sungai tersebut,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X