• Senin, 27 Juni 2022

Sekda Hadiri Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah

- Senin, 25 April 2022 | 20:59 WIB
Sekda Sumsel, SA Supriono saat menghadir puncak peringatan Hari Otonomi Daerah secara virtual (diskominfo sumsel)
Sekda Sumsel, SA Supriono saat menghadir puncak peringatan Hari Otonomi Daerah secara virtual (diskominfo sumsel)

infosumsel.ID - Sekda Sumsel SA Supriono menghadiri Puncak peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVI Tahun 2022, secara virtual bertema "Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Wujudkan ASN yang Proaktif dan Berakhlak dengan Membangun Sinergi Pusat dan Daerah dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045"

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro, katakan tujuan ditetapkannya otonomi daerah yaitu untuk mendelegasikan sebagian urusan pemerintah untuk menjadikan daerah lebih maju dengan cara menggali potensi daerah dan meningkatkan pendapatan daerah.

Baca Juga: Deru : Otonomi Daerah Bagian Dari NKRI

"Otonomi daerah diketahui telah memberikan berbagai dampak positif antara lain bertambahnya PAD," ujarnya secara virtual, Senin (25/4/2022)

Otonomi seluas-luasnya adalah daerah diberikan kewenangan mengurus dan mengatur semua urusan pemerintah di luar yang menjadi urusan pemerintah.

Baca Juga: Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Pemkab Muba Berkaloborasi dengan BPTP Sumsel

Daerah memiliki kewenangan untuk membuat kebijakan dalam memberikan pelayanan, peningkatan peran serta prakarsa, dan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik, mengatakan HUT Otonomi Daerah menjadi usia yang cukup dewasa untuk memacu semangat otonomi daerah, kemudian untuk menentukan kebijakan otonomi daerah untuk membentuk ASN yang proaktif.

Baca Juga: Zinidin Zidan Sampaikan Permintaaan Maaf Ke Andika Kangen Band

"Dengan adanya kegiatan ini sebagai wadah pertemuan pemerintah pusat daerah dalam melakukan referensi dalam pencapaian penyelenggaraan otonomi daerah di RI. Acara ini bertujuan untuk mengingatkan komitmen pemerintah daerah yang bersih, baik, akuntable, transparan,"katanya.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Sumber: Instagram Diskominfo Sumsel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X