• Rabu, 29 Juni 2022

Peresmian Rumah Restorative Justice, Harnojoyo Berharap Tercipta Keadilan dan Keseimbangan

- Selasa, 26 April 2022 | 21:54 WIB
Walikota Palembang, Harnojoyo meresmikan Rumah Restorative Justice di Kelurahan 8 Ulu Kecamatan Jakabaring (Dok Kominfo Palembang)
Walikota Palembang, Harnojoyo meresmikan Rumah Restorative Justice di Kelurahan 8 Ulu Kecamatan Jakabaring (Dok Kominfo Palembang)

infosumsel.ID - Tidak selamanya permasalahan hukum berakhir dengan kurungan penjara. Melalui program restorative justice, saat ini permasalahan kriminalitas khususnya kasus pidana ringan, dapat diselesaikan dengan musyarawah mufakat dan perdamaian untuk penyelesaian masalah.

Melalui rumah restorative justice, Walikota Palembang, Harnojoyo berharap, angka kriminalitas di Kota Palembang, dapat menurun dengan konsep pendekatan yang lebih menitik-beratkan pada kondisi terciptanya keadilan dan keseimbangan bagi pelaku dan korban.

"Ini adalah program luar biasa kejaksaan. Karena, tindak pidana, khususnya pidana ringan dapat diselesaikan dengan cara musyawarah dan pendekatan," ungkapnya meresmikan rumah restorative justice atau rumah perdamaian masyarakat di Kantor Lurah 8 Ulu, Kecamatan Jakabaring, Selasa 26 April 2022.

Wakajati Sumsel, Drs Muhammad Naim, SH memukul gong tanda diresmikannya rumah restorative justice di Palembang (Dok Kominfo Palembang)

Baca Juga: Pastikan Kebutuhan Daging Sapi Jelang Idul Fitri, Keswan Lahat Lakukan Sidak ke RPH

Harnojoyo menuturkan, siap mensuport rumah restorative justice yang menjadi program dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang.

Karena, dengan kehadiran rumah restorative justice ini, akan ada tempat tempat khusus pelaksanaan mediasi musyarawah mufakat dan perdamaian untuk penyelesaian masalah, sesuai prinsip keadilan restoratif atau restorative justice yang jadi alternatif penyelesaian perkara tindak pidana ringan.

"Terima kasih Pak Kejati dan Kejari, kami sangat menerima baik. Bahwa program ini memberikan peluang penyelesaian permasalahan masyarakat tanpa harus ke pengadilan," tuturnya.

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol. Mokhamad Ngajib menandatangani peresmian Rumah Restorative Justice di Kelurahan 8 Ulu Palembang (Dok Kominfo Palembang)

Baca Juga: BPOM Kota Palembang Lakukan Pengujian Sample Produk Pangan Dipasar Bedug Pagaralam

Halaman:

Editor: Raden Mohd Solehin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X