• Senin, 27 Juni 2022

Arus Balik Lebaran, Kapolri Siapkan Strategi Untuk Urai Kepadatan Ini Titik Lokasinya

- Jumat, 6 Mei 2022 | 10:31 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Humas Polda Sumsel)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Humas Polda Sumsel)

infosumsel.ID - Polri bersama stakeholder terkait telah menyiapkan strategi pengaturan lalu lintas untuk menghadapi arus balik Lebaran 2022. Beberapa strategi yang digunakan sama dengan arus mudik yakni mulai dari Contraflow hingga One Way.

Hal tersebut dikatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan.

Baca Juga: Jumlah Kendaraan di Arus Mudik Lebaran 2022 Catatkan Rekor Terbanyak

Dikatakan Sigit bahwa strategi rekayasa lalu lintas tersebut, yakni untuk mencegah serta mengurai kepadatan arus balik Lebaran.

Hal itu dilakukan mengingat, telah terjadinya peningkatan volume kendaraan di beberapa ruas jalan, khususnya wilayah Jawa Barat yang mengarah ke Jakarta.

Baca Juga: PT ASDP Indonesia Ferry Himbau Warga Yang Mudik Lebaran Untuk Hindari Puncak Arus Balik

"Hal ini sama dengan arus mudik, rekayasa ataupun strategi mulai dari bagaimana mengatur Confraflow, lalu bagaimana pengaturan One Way," kata Sigit, Jumat (6/4/2022).

Untuk penerapan rekayasa lalu lintas akan tetap bersifat situasional dengan memperhatikan dinamika yang berkembang dilapangan.

Baca Juga: Puncak Arus Balik Mudik Lebaran 2022 Diprediksi H+4 dan H+5 Perayaan Idul Fitri

"Kita memiliki indikator-indikator, pada saat di jalan tol sudah melebihi 5000 per jam kita mulai dengan Contraflow, pada saat lewat dari 6000 masuk ke 7000 kendaraan, maka kita laksanakan One Way. Sehingga secara periodik ini akan kita ikuti," katanya

Halaman:

Editor: Andyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X