• Senin, 27 Juni 2022

Ini Bakal Lokasi Rumah Restorative Justive di Kabupaten Muba

- Rabu, 11 Mei 2022 | 07:55 WIB
 Sekda Pemkab Muba, Apriyadi bersama Kejaksaan Negeri Muba saat menempatkan lokasi Rumah Restorative Justice (humas muba)
Sekda Pemkab Muba, Apriyadi bersama Kejaksaan Negeri Muba saat menempatkan lokasi Rumah Restorative Justice (humas muba)

infosumsel.ID - Pemkab Muba bersama Kejaksaan Negeri Muba tetap empat kelurahan di kecamatan Sekaya sebagai Rumah Restorative Justice yakni Kelurahan Balai Agung, Kelurahan Soak Baru, Kelurahan Serasan Jaya, Kelurahan Karyuara.

Rumah Restorative Justice ini merupakan bentuk penyelesaian konflik yang tidak hanya mengadili dan menghukum pelaku dengan suatu pembalasan, tetapi lebih mengedepankan pada terpulihkannya keadaan semula atau kondisi normal dari korban, pelaku, keluarga pelaku/korban ataupun stakeholder lainnya yang berkepentingan.

Baca Juga: Peresmian Rumah Restorative Justice, Harnojoyo Berharap Tercipta Keadilan dan Keseimbangan

Apriyadi, Sekda Pemkab Muba saat pertemuan dengan Kejaksaaan Negeri Muba menyambut baik rencana mendirikan Rumah Restorative Justice untuk membantu pemerintah dalam menangani perkara hukum di wilayah tertentu dalam Kabupaten Muba yang memiliki potensi terhadap kerawanan pelanggaran hukum.

“Keberadaan Rumah Keadilan Restorative Justice di 4 kelurahan dalam Kecamatan Sekayu ini sebagai percontohan memungkinkan upaya penyelesaian beberapa perkara pelanggaran hukum (pidana umum ringan) dapat dilakukan tanpa harus sampai ke pengadilan,”ungkapnya, di Ruang Rapat Randik Pemkab Muba, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga: Tingkatkan Prestasi Atlit Menembak, Herman Deru Rekrut Pelatih Berlisensi Internasional

Oleh karena itu, Pemkab Muba akan mempersiapakan satu kelurahan untuk launching Rumah Restorative Justice tersebut.

“Ini terobosan yang sangat baik sekali, Saya berharap Rumah Restorative justice didirikan di tiap desa. Saya minta Kabag Hukum segera persiapkan satu (1) kelurahan untuk meluncurkan terobosan ini,”tandasnya.

Baca Juga: Dorong Penguatan Adopsi Gaya Hidup Digital, Telkomsel Perbanyak Jaringan LTE di Sumbagsel

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Muba melalui Kasi Pidum Kejari Muba Habibi menerangkan bahwa Rumah Restorative Justice tersebut berfungsi sebagai tempat pelaksanaan musyawarah mufakat dan perdamaian untuk menyelesaikan masalah atau perkara pidana ringan yang terjadi dalam masyarakat.

Restorative Justice diharapkan, lanjut Habibi mampu memberikan keadilan yang nyata kepada masyarakat dalam wilayah Kabupaten Muba.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut 18 Tuntutan Ratusan Buruh Se Sumsel

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:15 WIB
X