• Sabtu, 13 Agustus 2022

Semburan Abu Vulkanik Gunung Dempo Masuk Ke Empat Lawang Kepala BPBD Himbau Warga

- Jumat, 10 Juni 2022 | 20:30 WIB
BPBD Empat Lawang minta warga waspadai abu vulkanik Gunung Dempo (Faris /infosumsel)
BPBD Empat Lawang minta warga waspadai abu vulkanik Gunung Dempo (Faris /infosumsel)

infosumsel.ID -  Akhir Bulan Mei 2022 tepatnya Selasa 31 Mei dikabarkan Gunung Api Dempo (GAD) yabg terletak di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan sempat semburkan abu vulkanik.

Semburan abu vulkanik tersebut meninggalkan jejak berupa bercak-bercak yang menutupi dedaunan teh dan jalan yang ada di kaki Gunung Dempo.

Tidak hanya itu dikatakan Pos Pengamatan GAD Kota Pagar Alam menyampaikan bahwa benar jika pada Selasa (31/05/2022) tengah malam yaitu pukul 01.55 WIB alat Seismograf di Pos GAD mencatat ada gempa hembusan.

Baca Juga: Awas Hoaks!! Ini Penjelasan Lengkap Kepala BPBD Kota Pagaralam Soal Letusan Gunung Dempo

Adapun salah satu gunung yang acap kali menjadi tujuan para pendaki ini letaknya tidak terlalu jauh dari dua kecamatan yang ada di Kabupaten Empat Lawang, yakni Kecamatan Muara Pinang dan Lintang Kanan.

Ada beberapa talang (red; pondok warga yanga ada di kebun kopi) warga Empat Lawang yang lokasinya berada di kaki Gunung Dempo dimana secara administratif masuk wilayah Kecamatan Muara Pinang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang, Syahrial Podril menyampaikan semburan abu vulkanik Gunung Api Dempo akan bergantung dengan arah angin.

Baca Juga: Cerita Dibalik Pemilihan Lokasi Pemakaman Eril di Cimaung Kabupaten Bandung Bakal Dibangun Islamic Center

"Kalau arah anginnya ke arah sebaliknya mungkin abunya akan jatuh di Tanjung Sakti kalau ke kita mungkin akan jatuh di wilayah Lintang Kanan dan Muara Pinang," katanya, Jumat, 10 Juni 2022.

Walaupun semburan abu vulkanik belum terkonfirmasi mencapai wilayah Empat Lawang ia mengatakan warga harus waspada, sebab abu ini bersifat tajam.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X