• Rabu, 10 Agustus 2022

Herman Deru Sebut Literasi Hukum Bagi Masyarakat Masih Rendah

- Selasa, 14 Juni 2022 | 23:15 WIB
Gubernur Sumsel, Herman Deru saat membuka deklarasi dan seminar tentang Literasi Hukum (humas sumsel)
Gubernur Sumsel, Herman Deru saat membuka deklarasi dan seminar tentang Literasi Hukum (humas sumsel)

infosumsel.ID - Gubernur Sumsel, Herman Deru menyebutkan rendahnya Literasi Hukum menyebabkan ketidakmengertian terhadap regulasi bidang hukum membuat masyarakat kurang tahu tentang hak dan kewajibannya dalam hukum.

Hal tersebut diungkapkan Herman Deru saat menghadiri deklarasi dan seminar dengan tema "Optimalisasi Penguatan Lembaga Bantuan Hukum dan Paralegal Dalam Pelaksanaan Bantuan Hukum kepada Masyarakat Tidak Mampu dan Rentan se-Sumatera Selatan Sampai ke Tingkat Kelurahan dan Desa". Acara ini diselenggarakan oleh Yayasan Bantuan Hukum (YBH) Sumatera Selatan Berkeadilan.

Baca Juga: Deru Minta STIHPADA Tingkatkan Literasi Hukum di Masyarakat

"Banyak persoalan naik meja hijau karena ketidakmengertian masyarakat. Literasi Hukum penting, bila perlu ada duta Literasi Hukum, karena kita harus objektif dan jndependen dalam penegakan hukum,"ujarnya, Selasa, 14 Juni 2022.

Disamping itu, Herman Deru juga mengajak agar YBH menjaga kerukunan secara internal dan eksternal. Kemudian tetap aktif dan berkolaborasi dengan semua pihak.

Baca Juga: Kamera iPhone 14 Pro Max Dipasok LG Innotek dan Cowell, Ming Ching Kuo Sebut Peningkatan Terbesar Apple

Sementara itu, Penasehat Ahli Kapolri Nur Kholis, SH, MA., katakan Pemerintah memiliki kebijakan yang bisa bekerja sama dengan YBH. Disamping itu, YBH diharapkan menjadi organisasi yang dapat memberikan saran masukan terhadap pembangunan di bidang hukum tanpa imbalan, terutama dalam membantu masalah hukum yang dihadapi masyarakat miskin.

"Saya berharap di YBH Sumsel akan muncul tokoh-tokoh nasional dari basis gerakan dan bantuan hukum. Juga, YBH dapat membantu pemerintah dalam memajukan bukan hanya hak sipil politik, namun juga perekonomian, misalkan dengan monitoring daerah-daerah dengan pendidikan yang kurang baik,"ujarnya.

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X