• Senin, 15 Agustus 2022

Cik Ujang Minta Perusahaan Batubara Buat Jalan Sendiri Secara Gotong Royong

- Rabu, 15 Juni 2022 | 21:05 WIB
Bupati Lahat Cik Ujang SH saat memimpin rapat pembahasan solusi pertambangan dan lalu lintas angkutan batubara di Opsroom Pemkab Lahat (ismail/infosumsel)
Bupati Lahat Cik Ujang SH saat memimpin rapat pembahasan solusi pertambangan dan lalu lintas angkutan batubara di Opsroom Pemkab Lahat (ismail/infosumsel)

infosumsel.ID - Bupati Lahat Cik Ujang SH memimpin rapat pembahasan terkait pembahasan solusi pertambangan dan lalu lintas angkutan batubara di wilayah Kecamatan Merapi Barat dan Merapi Timur dengan melibatkan Emak-emak Merapi Area, Instansi terkait dan Ketua Asosiasi Pertambangan Batubara Lahat.

Diakui oleh Cik Ujang mengenai angkutan lalu lintas batubara ini dirinya sedang berupaya mencari solusi bahkan dirinya akan membantu masyarakat Merapi termasuk perusahaan.

"Saya himbau kepada perusahaan pertambangan untuk membuat jalan sendiri dan tidak lagi melintasi jalan negara, saya tidak akan tinggal diam, saya sudah panggil Perusahaan Sinar Mas untuk membuat jalan namun mentok," ungkapnya saat menyampaikan arahan di Opsroom Pemkab Lahat, Rabu, 15 Juni 2022

Baca Juga: Perusahaan Batubara Dilarang Lakukan Ekspor, Ini Alasannya

Memang masih dikatakan Cik Ujang, permasalahan debu sudah lama sehingga memang butuh segera melakukan pembebasan lahan untuk jalan batubara.

"Terkadang niat kita baik namun tidak di respon oleh pengusaha. Terkadang minta bertemu bahkan disuruti namun tidak di respon," akuinya.

Lebih lanjut Cik Ujang melontarkan, di Kabupaten Lahat saat ini ada 28 perusahaan batubara, namun jika di koordinir dan bersatu membuat jalan sendiri tentu bukan hal sulit.

Baca Juga: Intip Perbandingan Empat smartphone Menggunakan Processor Snapdragon 680, Mana Yang Lebih Unggul

"Saya minta kepada Asosiasi untuk koordinir seluruh perusahaan batubara. Pembebasan lahan untuk jalur angkutan batubara juga harus segera jika tidak harga lahan akan semakin mahal," pesannya.

Sementara itu, perwakilan dari Emak-emak Merapi Area Rozi Adiansyah mengatakan, sebenarnya warga Merapi ini sudah lama menahan dampak debu batubara.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

43 Personil Polres Lahat Diganjar Penghargaan

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:35 WIB
X