• Sabtu, 13 Agustus 2022

Bupati Empat Lawang Dorong Petani Tingkatkan Produksi Pertanian

- Rabu, 15 Juni 2022 | 21:12 WIB
Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad saat melakukan panen raya pertanian jagung (faris/infosumsel)
Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad saat melakukan panen raya pertanian jagung (faris/infosumsel)

infosumsel.ID - Kini giliran Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) tepatnya di Desa Muara Rungga melakukan panen raya jagung.

Pelaksanaan panen raya jagung itu, dihadiri langsung oleh Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad bersama dengan Forkopimda dan kepala OPD Pemkab Empat Lawang, Rabu, 15 Juni 2022

Plt Kepala Dinas Pertanian Hendra Lezi mengatakan, khusus di Desa Muara Rungga ini, luas lahan jagung lebih kurang 240 hektar. Dengan hasil panen rata-rata 8-12 ton perhektar.

Baca Juga: Herman Deru : Kenali Potensi Perkebunan dan Pertanian Empat Lawang Menuju Kancah Nasional

“Ini lahan persawahan, namun kondisi irigasi rusak akibat bencana banjir bandang, akhirnya masyarakat jeli, dan melakukan tanam jagung,” kata Hendra Lezi.

Kegiatan ini lanjut Hendra Lezi, untuk meningkatkan produksi pertanian di Kecamatan Paiker. Baik secara kualitas maupun kuantitas.

“Tahun 2022 ini, sasaran tanam jagung adalah selaluas 3.800 hektar tersebar di 10 kecamatan,” ujarnya.

Baca Juga: Peringati Hari Keluarga Nasional Ke-29, DPPKBP3A Pagaralam Gelar KB Sejuta Akseptor 

Sementara itu Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad, berharap tanaman jagung ini dapat meningkatkan produksi pertanian di Kecamatan Paiker.

“Karena Kecamatan Paiker akan di jadikan lumbung padi dan jagung karena irigasi rusak, akhirnya lahan persawahan ini jadi tanaman jagung yang hasilnya tidak kalah dengan hasil padi yang harganya Rp4500 samapai Rp5000 per kg,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X