• Sabtu, 13 Agustus 2022

Latar Belakang Pemkab OKI Hadirkan Inovasi Layanan Kependudukan KIAIKU dan Husnul Khotimah

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 00:28 WIB
 Foto bersama Pemkab OKI usai luncurkan Inovasi layanan kependudukan KIAIKU dan Husnul Khotimah (Humas OKI)
Foto bersama Pemkab OKI usai luncurkan Inovasi layanan kependudukan KIAIKU dan Husnul Khotimah (Humas OKI)

infosumsel.ID - Permudahkan masyarakat dalam menerima layanan kependudukan, Pemkab OKI hadirkan inovasi KIAIKU dan Husnul Khotimah dimana masyarakat cukup mengurus data kependudukan dari rumah

Inovasi layanan kependudukan KIAIKU merupakan penerbitan kartu Penerbitan Kartu Identitas Anak Kecilku sedangkan Husnul Khotimah berupa penerbitan Akta Kematian, Ahli Musibah Tunggu Di Rumah yang diluncurkan Pemkab OKU

Antonisu Leonardo, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejaterahan Rakyat layanan kependudukan KIAIKU dan Husnul Khotimah yang dihadirkan Pemkab OKI melalu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil OKI merupakan salah satu cara untuk permudah masyarakat mendapatkan layanan adminduk.

Baca Juga: Jelang Idul Adha Pemkab OKI Siaga Penyakit Mata dan Kuku

"Semua kemajuan dan inovasi yang telah dihasilkan Disdukcapil OKI ini harus terus dijaga. Jangan hanya dipenuhi euforia di awal saja. Harus dijaga konsistensi kebermanfaatnya", ungkap Anton di Kayuagung, Jumat, 17 Juni 2022.

Dikatakan hal terpenting dari layanan kependudukan dari pemkab OKI ini tidak hanya mudah, dekat dan tanpa biaya, juga harus terus ditingkatkan dan bisa diakses untuk semua.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ilir, Hendri mengatakan inovasi KIAIKU dan khusnul khotimah dilatarbelakangi minimnya pelaporan kematian penduduk.

"Minimnya penduduk yang melaporkan peristiwa penting kependudukan yaitu meninggalnya anggota keluarga. Dengan ini, cukup diproses dari rumah, petugas akan mengantarkan Akta Kematiaan sehingga data kependudukan jadi lebih akuntabel", kata Hendri.

Baca Juga: Ini Tiga Nama Kandidat Capres Partai NasDem di Pemilu 2024 Yang Diumumkan Langsung Surya Paloh di Rakernas

Guna mendukung program GISA yaitu Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan, Dinas Dukcapik Kab. OKI juga melakukan perjanjian kerjasama dengan taman rekreasi Kolam Renang Fibelia; Toko ATK Grandsun; dan Blitz KTV dan Resto Kayuagung.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X