• Sabtu, 13 Agustus 2022

Bupati OKI Canangkan 4 Desa Jadi Desa Cantik Nasional Berbasis Data

- Selasa, 21 Juni 2022 | 21:56 WIB
Bupati OKI Iskandar saat mendampingi penyerahan berkas ke Kepala Desa (humas oki)
Bupati OKI Iskandar saat mendampingi penyerahan berkas ke Kepala Desa (humas oki)

infosumsel.ID - Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar mencanangkan program desa cantik atau desa cinta statistik.

Desa cantik merupakan program Badan Pusat Statistik (BPS) dalam rangka peningkatan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan desa lebih tepat sasaran.

"Kalau pemahaman statistiknya semakin baik, aparat desa bisa gunakan data-data itu untuk membangun desanya," kata Bupati OKI. Iskandar, SE saat mencanangkan Desa Cantik di Kayuagung, Selasa, 22 Juni 2022

Baca Juga: Latar Belakang Pemkab OKI Hadirkan Inovasi Layanan Kependudukan KIAIKU dan Husnul Khotimah

Di Ogan Komering Ilir sebanyak empat desa ditetapkan sebagai pelopor desa cantik, yaitu Desa Sedyo Mulyo Kecamatan Mesuji Makmur, Pangarayan Kecamatan Tanjung Lubuk, Kijang Ulu Kecamatan Sirah Pulau Padang , dan Desa Kalideres Kecamatan Mesuji. Empat desa ini juga jadi perwakilan Kabupaten OKI di tingkat nasional.

Bupati Iskandar meminta segenap perangkat desa yang ditunjuk untuk menyambut positif pencanangan itu. Sebab, data potensi Desa berpengaruh besar pada kebijakan yang direncanakan agar lebih tepat sasaran.

“Pemerintah desa harus semangat. Ini waktunya kita melihat lebih jelas potensi yang ada di desa. Serta bisa menginspirasi desa lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga: Warga Empat Lawang Keluhkan Harga BBM Eceran Tinggi

Dirinya berharap, desa lainnya bisa termotivasi dan terjadi kompetisi yang sehat dalam hal pengelolaan data. Sehingga melalui Desa Cantik dapat diwujudkan yang desa maju.

“Saya malah berterima kasih kepada BPS karena inovasi ini bisa memantik kompetisi yang sehat untuk desa di OKI. Menuju desa yang semakin maju,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X