• Senin, 15 Agustus 2022

Warga Padu Raksa Adukan Kadesnya Ke Bupati Lahat Lantaran Tak Kunjung Cairkan BLT

- Jumat, 24 Juni 2022 | 18:53 WIB
Warga Desa Padu Raksa Kecamatan Kikim Timur mendatangi Kantor Pemkab Lahat (ismail/infosumsel)
Warga Desa Padu Raksa Kecamatan Kikim Timur mendatangi Kantor Pemkab Lahat (ismail/infosumsel)

infosumsel.ID - Puluhan warga Desa Padu Raksa, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, Kamis 23 Juni 2022 mendatangi Kantor Pemkab Lahat. Puluhan warga ini mengadukan Sang Kepala Desa, Hanum Rais ke Bupati Lahat, Cik Ujang lantaran belum mencairkan dana bantuan langsung tunai (BLT) milik warga.

Tak hanya itu, Hanum Rais juga diduga mengeluarkan nama nama warga yang berhak menerima dan menganti dengan warga lainya.

"Kami minta penegak hukum mengusut dugaan penyelewengan yang dilakukan oleh Hanum Rais, karena dari Januari hingga Juni dana BLT untuk warga belum kunjung dicairkan, "tegas Nata, Koordinaor aksi mewakili puluhan warga saat menyampaikan orasinya.

Baca Juga: 14 Ribu Warga Empat Lawang Terima Bantuan BLT Minyak Goreng

Ia juga mengungkapkan jika sang kepala desa diduga sudah melakukan tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme. Dipaparkan Nata, terjadi perubahan penerima BLT sebelumnya penerima BLT di Desa setempat sebanyak 137 namun kemudian dipangkas 54 orang sehingga tinggal 83 orang. Namun, kemudian penerimanya kembali ditambah hingga menjadi 166.

"Yang 54 orang ini diputus dari penerima BLT tanpa alasan. Padahal mereka ini miskin dan membutuhkan BLT tersebut, "tegasnya.

Sementara, Asnora, salah satu warga yang ikut dalam aksi demo dalam orasinya meminta agar Bupati Lahat, mendengar jeritan warga atas tindakan yang dilakukan oleh Kepala desa. Menurutnya, warga yang dwmo merupakan warga yang miskin dan sangat layak untuk mendapatkan BLT.

Baca Juga: Widy Viera Ceritakan Kronologis Saat Diculik dan Menjadi Korban Pelecahan Seksual

"Pak Bupati dengarkanlan tangisan kami ini. Jeritan kami ini. Kami orang miskin yang hanya sebagai petani,"sampainya.

Terpisah, Kades Padu Raksa, Hanum Rais, berjanji akan segera mencairkan dana BLT bagi 83 warganya tersebut. Hanya saja, BLT tersebut terhitung sejak Januari hingga Maret 2022. Sementara untuk April hingga Juni belum bisa dicairkan lantaran proses pencairan bulan Januari hingga Merat belum dilakukan.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

43 Personil Polres Lahat Diganjar Penghargaan

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:35 WIB
X