• Selasa, 6 Desember 2022

PB IKA LKS : Pilkades di Empat Lawang Momen Membangkitkan Pemilu Pasca Pandemi Covid 19

- Minggu, 26 Juni 2022 | 13:15 WIB
Soni selaku ketua PB IKA LKS Kabupaten Empat Lawang menilai Pilkades di Empat Lawang ajang kebangkitan pemilu pasca pandemi (faris/infosumsel)
Soni selaku ketua PB IKA LKS Kabupaten Empat Lawang menilai Pilkades di Empat Lawang ajang kebangkitan pemilu pasca pandemi (faris/infosumsel)

infosumsel.ID - Pemilu tingkat desa ini merupakan ajang kompetisi politik yang begitu mengenal dan harus dijadikan pembelajaran politik bagi masyarakat terutama Pemuda.

“Pemuda memiliki peran penting dalam setiap agenda politik negara. Dalam penyelenggaraan Pilkades Serentak gelombang 1 tahun 2022, pemuda diharapkan menabur benih optimisme agar Pemilihan Kepala Desa Serentak 2022 ini berjalan dengan aman, damai dan sehat,” ungkap soni selaku ketua PB IKA LKS Kabupaten Empat Lawang, saat ditemui di sela-sela kegiatanya.

Disini, sambung dia, peran pemuda akan menjadi catatan penting dalam keterlibatan penyelenggaraan Pilkades, momentum pemilu tingkat paling bawah ini menjadi ajang nyata untuk pemuda dalam menampilkan peranan mereka secara langsung.

Baca Juga: Pilkades Empat Lawang, Satpol PP Kerahkan Kekuatan Full

“Momen ini bisa dimanfaatkan pemuda untuk bisa terlibat nyata dalam membangkitkan gairah pemilu di pasca pandemi corona. Peran aktif tersebut dapat direalisasikan dengan ikut menjadi penyelenggara ataupun pengawas atau bentuk keterlibatan lainnya,” tutur soni.

Dirinya menjelaskan, pemuda bisa mengenal dunia kepemiluan dan dunia politik dengan berpartisipasi menjadi panitia, pengawas, ataupun jadi calon kades sekalipun.

“Menurut saya pemuda nyalon Kades itu baik. Pemuda jangan berdiam diri, karena lingkup terkecil itu ada di desa," ujarnya.

Baca Juga: Tanjung Enim Banjir, Banjir Terparah Lebih Dari 20 Tahun Terakhir

Ia menambahkan, penyelenggaran Pilkades Serentak di Kabupaten Empat Lawang pasca pandemi Covid-19 ini juga diharapkan akan bisa memunculkan figure pimpinan desa yang lebih kompeten dan bisa menyelesaikan permasalahan yang timbul akibat pandemi.

“Pemimpin muda yang kompeten dan inovatif akan bisa membawa perubahan yang lebih baik bagi daerahnya. Yang terpenting, pemimpin muda mampu membawa kebermanfaatan bagi masyarakat,” katanya.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X