• Selasa, 6 Desember 2022

Air Bah Bercampur Lumpur Terjang Pemukiman Warga di Lahat

- Minggu, 26 Juni 2022 | 19:30 WIB
lumpur bercampur air menerjang pemukiman warga Desa Sirah Pulau kabupaten Lahat yang berasal dari aliran sungai (ismail/infosumsel)
lumpur bercampur air menerjang pemukiman warga Desa Sirah Pulau kabupaten Lahat yang berasal dari aliran sungai (ismail/infosumsel)

infosumsel.ID - Intensitas curah hujan yang menguyur Kabupaten Lahat, Sabtu, 25 Juni 2022 sekitar pukul 18.00 wib hingga Minggu 26 Juni 2022, sekitar pukul 02.00 wib, membuat pemukiman warga berada di Desa Sirah Pulau, Kecamatan Merapi Timur diterjang air bah bercampur lumpur, yang memang tidak berjauhan dari aliran sungai.

Kades Desa Sirah Pulau, Hendra Febriansyah membenarkan, hujan yang menguyur cukup deras, sehingga membuat aliran sungai yang tidak berjauhan dengan kediaman penduduk menghantam.

Baca Juga: Tanjung Enim Banjir, Ini Merupakan Banjir Terparah Lebih Dari 20 Tahun Terakhir

"Di Desa Sirah Pulau, ada aliran Sungai Nelung, yang apabila hujan deras membuat debit air tidak bisa ditampung, sehingga masuk ke areal rumah-rumah warga," terangnya, Minggu 26 Juni 2022

Dirinya menambahkan, ketinggian air yang masuk bervariasi, dikarenakan mayoritas rumah disini panggung, sehingga tidak sampai masuk.

Baca Juga: Ini Enam Tim Dipastikan Lolos Babak 8 Besar Piala Presiden 2022

"Bervariasi, paling tinggi kurang lebih 50 cm, akibatnya puluhan rumah yang ada terendam banjir, padahal hujan hanya beberapa jam saja," ujar Hendra.

Hendra menuturkan, memang kondisi aliran Sungai Nelung cukup kecil, sehingga tidak mampu menampung debit air, bahkan penyebab banjir disinyalir dampak dari aktivitas penambangan batubara di Desa Sirah Pulau.

Baca Juga: Berikut Spesifikasi Lengkap Hp Nokia Android Tipe Nokia 7610 5G Dengan Beberapa Fitur Unggulan Disematkan

"Sehingga ketika diguyur hujan sebentar saja yang cukup besar. Untuk korban jiwa memang tidak ada namun, kerugian dari sisi materi yang dialami warga," bebernya.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

43 Personil Polres Lahat Diganjar Penghargaan

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:35 WIB
X