• Selasa, 6 Desember 2022

Pernikahan Dini Banyak Dampak Negatif, Berikut Penjelasan Dinkes Lahat

- Senin, 27 Juni 2022 | 19:49 WIB
 Petugas dari Dinas Kesehatan Lahat saat memberikan penjelasan dan pertanyaan kepada siswa tentang perkawinan pra nikah (ismail/infosumsel)
Petugas dari Dinas Kesehatan Lahat saat memberikan penjelasan dan pertanyaan kepada siswa tentang perkawinan pra nikah (ismail/infosumsel)

infosumsel.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lahat menyasar anak-anak sekolah dari lima institusi pendidikan, guna memberikan bimbingan perkawinan pra nikah, untuk mencegah pernikahan dini.

Kepala Dinas Kesehatan Lahat, Taufik M Putra SKM MM melalui Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Hj Agustia Ningsih SKM MM membenarkan, pihaknya bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama, memberikan wawasan mengenai perkawinan pra nikah dan menjelaskan dampak negatif dari pernikahan dini.

"Kita menyambangi lima sekolah yakni, MAN, SMKN 1, SMKN 2, SMAN 5 dan SMAN 2 karena pada fase remaja inilah mereka sedang mencari jati diri, yang terkadang sampai kebablasan apalagi sampai ke pernikahan dini dan ini harus kita ingatkan," ucapnya, Senin, 27 Juni 2022.

Baca Juga: Shandy Purnamasari Istri Juragan 99 Bingung Pernikahan Deddy Corbuzier Tidak Disiapkan Kotak Untuk Amplop

Dirinya menambahkan, terwujud Keluarga Sakinah, Mawaddah dan Warohmah (Samawa), apabila terjadi pernikahan di usia dini, artinya, dibawah umur yang diamanatkan Undang-undang Perkawinan No 16/2019 dengan usia menikah minimal 19 tahun.

"Maupun di UU Perlindungan Anak No 35/2014, bahwa anak adalah di bawah 18 tahun, dan istilah 4 Terlalu di Kementerian Kesehatan (Terlalu muda, Terlalu tua. Terlalu dekat dan Terlalu banyak anak)," jelas Hj Agustia Ningsih.

Baca Juga: Nokia 3310 Pro Max Akan Segera Dirilis, HP Sultan Dengan Body Keramik dan RAM 16 GB

Bahwa kehamilan, sambung Hj Agustia Ningsih, terlalu muda adalah di bawah usia 20 tahun dengan adanya bimbingan ini akan memberikan pemahaman bagi anak-anak sekolah.

“Banyak dampak didapat dari pernikahan di usia dini diantaranya, terjadi keguguran, perdarahan pada saat melahirkan, anak yang dilahirkan akan mengalami gangguan pertumbuhan gizi buruk, stunting selain itu, terjadi putus sekolah, kasus perceraian meningkat dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

43 Personil Polres Lahat Diganjar Penghargaan

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:35 WIB
X