• Sabtu, 13 Agustus 2022

700 Dosis Vaksin Akan Diinjeksi ke Hewan Ternak di Kabupaten Lahat

- Selasa, 28 Juni 2022 | 16:35 WIB
Petugas Dinas TPH dan Makan Lahat sedang menyuntikan kepada hewan ternak (ismail/infosumsel)
Petugas Dinas TPH dan Makan Lahat sedang menyuntikan kepada hewan ternak (ismail/infosumsel)

infosumsel.ID - Bantuan vaksin dari Pemerintah Pusat untuk menanggulangi penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak, tinggal menunggu pendistribusian saja dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

"Betul, untuk Lahat akan dialokasikan sebanyak 700 dosis vaksin, yang nantinya akan diinjeksi kepada hewan ternak sehat, agar mereka tidak terinfeksi dari hewan yang sakit," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPH dan Nakan) Lahat, Eti Listina SP MM melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, drh Astin Tri Saputra Msi, Selasa, 28 Juni 2022.

Baca Juga: Penyakit Mulut dan Bisa Menular Selama Enam Bulan hingga Dua Tahun, Pemkab Lahat Lakukan Ini

Astin menambahkan, vaksin tersebut akan disebarkan ke beberapa kecamatan, yang hewan ternak belum terkonfirmasi positif PMK, sehingga bisa ditangani dengan cepat.

"Akan kita sebar di Kecamatan Kikim Area, Jarai Area dan Merapi Area, yang notabene hewan ternak belum tertular," ucapnya.

Dirinya mengaku, PMK ini tidak hanya menyerang sapi saja, melainkan kambing pun bisa terdampak, hanya saja, gejala yang timbul tidak terlalu terlihat.

Baca Juga: Ini Motif dan Kronologis Penganiayaan di Sel Penjara Polres Empat Hingga Menyebabkan Tahanan Tewas

"Waspada, jangan dibeli dahulu tanpa adanya dokumen penunjang kesehatan, memang, penyakit ini tidak berpengaruh terhadap manusia, akan tetapi, kita perlu mengantisipasi sejak dini," sebut Astin.

Terlebih lagi, sambung Astin, akan menyambut Hari Raya Idul Adha, lalu lintas hewan ternak akan lebih diperketat lagi, supaya tidak menyebar luas ke desa lain.

Baca Juga: Buruan Cek, Bansos PKH Akan Disalurkan Bulan Juli 2022?, Berikut Linknya

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

43 Personil Polres Lahat Diganjar Penghargaan

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:35 WIB
X