• Jumat, 7 Oktober 2022

337 Hewan Ternak Sapi Terpapar Penyakit Mulut dan Kuku di Lahat, 114 Sapi Dalam Kondisi Sehat

- Senin, 4 Juli 2022 | 18:45 WIB
Bupati Lahat Cik Ujang SH melakukan vaksinasi hewan di Kelurahan Sari Bungamas (ismail/infosumsel)
Bupati Lahat Cik Ujang SH melakukan vaksinasi hewan di Kelurahan Sari Bungamas (ismail/infosumsel)

infosumsel.ID - Berdasarkan data Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPH dan Nakan) Lahat, ada 337 ekor Hewan ternak sapi yang terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK). 114 diantaranya dalam kondisi sehat dan 216 lainnya masa pengobatan atau penyembuhan.

Demikian disampaikan, Kepala Dinas TPH dan Nakan, Eti Listina SP MM didampingi Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, drh Astin Tri Saputra Msi.

"Untuk itulah, guna menanggulangi penyebaran virus PMK lebih meluas lagi, maka, dilakukan vaksin secara serentak. Di Kabupaten Lahat didistribusikan 700 dosis vaksin," ungkapnya, Senin, 4 Juli 2022

Baca Juga: Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku, Hewan Ternak Sapi Di Pagaralam Disuntik Vaksin

Dirinya menerangkan, di Lahat sendiri PMK ini terdeteksi pada akhir Mei 2022, dengan jumlah populasi mencapai 9.325 ekor Hewan ternak sapi dan kerbau, tersebar di 24 kecamatan.

"400 dosis diantaranya telah diberikan kepada peternak di kecamatan Merapi Area, Kikim Area, Tanjung Sakti Pumi dan Pumu, Jarai, Suka Merindu, Pajar Bulan dan Muara Payang," terang Eti.

Nah, sambung Eti, penyuntikan vaksin ini dilakukan kepada hewan indukan dan anakan yang sehat saja, tidak dalam kondisi PMK atau sembuh dari penyakit tersebut

Baca Juga: Ini Tugas Tim Percepatan Pembangunan, Usai Dilantik Bupati Lahat

"Termasuk juga daerah yang memang telah terkonfirmasi positif PMK. Oleh sebab itulah, menjelang Idul Adha ini hewan sapi dan kerbau harus sehat semuanya," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Lahat, Cik Ujang SH menuturkan, menjelang Idul Adha, menjadi momen memanen budidaya sapi dan kerbau dengan harga jual tinggi dan permintaan meningkat.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

43 Personil Polres Lahat Diganjar Penghargaan

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:35 WIB
X