• Kamis, 11 Agustus 2022

Herman Deru Ajak Bidan Aktifkan Posyandu dan Turunkan Angka Stunting di Sumsel

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 20:39 WIB
Gubernur Sumsel, H. Herman Deru hadiri HUT IBI dan mengajak Bidan di Sumsel turunkan angka stunting (Humas Sumsel)
Gubernur Sumsel, H. Herman Deru hadiri HUT IBI dan mengajak Bidan di Sumsel turunkan angka stunting (Humas Sumsel)

infosumsel.ID - Saat ini Sumatera Selatan (Sumsel) memiliki angka stunting sebesar 24 persen. Dimana, secara nasional, Provinsi ini, diamanahkan, untuk dapat menurunkan stunting nasional sebesar 14 persen pada tahun 2024.

Untuk itu, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru, berharap peran Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dalam menurunkan angka stunting di Sumsel.

"Bidan adalah garda terdepan untuk mencapai taraf kesehatan ibu dan anak. Artinya, bidan memiliki peranan yang besar terhadap menurunnya angka stunting," ungkapnya.

Baca Juga: SEDANG BERLANGSUNG Sinetron Suami Pengganti Episode 154 di ANTV: Saka Kesal Dita Semakin Nekat

Cukup tingginya angka stunting di Sumsel tersebut, tambah Herman Deru, berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021.

Untuk itu, bukan hanya bertindak kuratif terhadap ibu yang dirawatnya, tapi juga edukatif dan preventif.

"Saya saat ini mencoba untuk menggeser mindset masyarakat yang sealu berfikir untuk berobat, menjadi berfikir untuk mencegah stunting," imbuhnya.

Baca Juga: Cairkan BPNT Rp200.000 di Kantor Pos Agustus 2022, Ini Tandanya sebagai Penerima Bantuan

Menurutnya, sebagai garda terdepan saat ini tercatat ada sekitar 10.764 orang tersebar di Provinsi Sumsel yang memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak.

"Saya minta bidan dibekali dengan konsep dan implementasi yang tepat agar mampu mengedukasi dan melayani dengan baik sejak ibu masuk masa kehamilan, nifas, bayi baru lahir, ibu menyusui dan perkembangan balita, dengan standar pelayalanan minimal yang harus dicapai," harapnya.

Halaman:

Editor: Raden Mohd Solehin

Sumber: Humas Pemprov Sumsel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X