Inovasi SISULUH dari Herman Deru

- Selasa, 6 Desember 2022 | 15:18 WIB
GUbernur Sumsel H Herman Deru menerima kunjungan Tim Validasi IGA Award 2022
GUbernur Sumsel H Herman Deru menerima kunjungan Tim Validasi IGA Award 2022


infosumsel.ID
- Setelah mengikuti Penilaian tahap akhir kegiatan Innovative Government Award (IGA) melalui paparan secara virtual beberapa waktu lalu, Senin (5/12) siang Gubernur Sumsel H. Herman Deru kembali menerima kedatangan tim validasi lapangan IGA Award Tahun 2022 di Griya Agung. 

Tim Validasi lapangan tersebut terdiri dari Asisten Deputi Literasi, Inovasi dan Kreativitas Kemenko PMK Dra. Molly Prabawaty, M.AP,  Bima Sakti dari Badan Straregis Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri Republik Indonesia serta Perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenk PMK) RI, Putri Bainuriza Qodriz. 

Dalam kesempatan tersebut Dra. Molly Prabawaty, M.AP, mengungkapkan bahwa dalam kunjungannya ke Sumsel mereka sudah menyambangi dua lokasi yakni Dinas Pertanian untuk validasi aplikasi SISULUH atau sistem informasi penyuluh pertanian untuk yang digital dan ke Dinas Perpustakaan untuk memvalidasi inovasi D’Lie Sumsel atau Duta Literasi Sumsel untuk non digital. 

Baca Juga: Bereskan Aset Milik Daerah yang Banyak Bermasalah, Herman Deru Gandeng Kejati Sumsel

Selain itu mereka juga mengunjungi kebun GSMP dan ke kawasan Monpera untuk melihat langsung pojok literasi. 

Dalam kesempatan itu Molly mengucapkan selamat atas banyaknya inovasi yang diusulkan dan 2 inovasi yang diunggulkan yakni berbasis digital dan non digital. Molly juga mengapresiasi unggulan dari sektor pertanian yang dipaparkan Gubernur Herman Deru lantaran sedikit kepala daerah yang memili sektor tersebut. 

"Saya apresiasi sekali pada  Pak Gubernur, karena dari berbagai kepala daerah yang paparan dari sektor pertanian ini sangat sedikit. Justru Pemprov Sumsel yang berani mengangkat pertanian. Saya suka sekali Pak Gubernur apalagi program mengangkat 1400 penyuluh untuk meningkatkan ingkatkan pertanian yang telah dilakukan" jelasnya. 

Baca Juga: Hadiri HUT OKI ke 77, Herman Deru Kembali Ajak Sukseskan Program GSMP

Selain aplikasi SISULUH untuk sektor pertanian, Ia juga mendatangi Dinas Perpustakaan dan mengakui bahwa inovasinya sangat bagus. 

Di perpustakaan kata Molly, Ia bersama tim melakukan cross check menindaklanjuti paparan Gubernur Herman Deru akhir November lalu. Menurutnya ada 4 komponen yang dicek oleh tim validasi di antaranya yakni mengenai nilai kebaharuan inovasi, kemanfaatan dan kolaborasi lintas sektoralnya, serta sejauh mana aplikasi/inovasi diadopsi kab/kota atau Provinsi lain. 

Halaman:

Editor: Andyanto

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X