Pikat Hati HRD, Berikut 8 Tips Interview Kerja Sukses Bikin Kamu Berhasil Mendapatkan Pekerjaan

- Kamis, 25 Mei 2023 | 12:00 WIB
ilustrasi, proses dan persiapan yang harus dilakukan saat interview kerja
ilustrasi, proses dan persiapan yang harus dilakukan saat interview kerja


infosumsel.id- Interview kerja adalah proses evaluasi di mana seorang calon pekerja bertemu dengan pihak yang mempekerjakan untuk menentukan apakah mereka cocok untuk posisi yang tersedia.

Biasanya, saat interview kerja calon pekerja akan diwawancarai oleh satu atau beberapa orang yang mewakili perusahaan atau tim yang mencari pelamar yang paling sesuai dengan persyaratan pekerjaan.

Selama interview kerja, Anda akan ditanyai berbagai pertanyaan terkait pengalaman, keterampilan, kepribadian, dan motivasi Anda.

Baca Juga: Sejarah Dan Resep Cara Pembuatan Ayam Woku, Makanan Lezat Dari Sulawesi Utara

Tujuan dari interview kerja ini adalah untuk mendapatkan gambaran lebih jelas tentang kemampuan dan kecocokan Anda dengan perusahaan tersebut.

Dalam beberapa kasus, interview kerja juga dapat melibatkan tes keterampilan atau studi kasus untuk mengevaluasi kemampuan teknis Anda.

Berikut ini adalah delapan tips sukses yang dapat membantu Anda dalam persiapan dan pelaksanaan interview kerja:

Baca Juga: Edukasi Politik, Diskusi Swara Kandidat Pemilu 2024

1. Penelitian tentang perusahaan: Pelajari sebanyak mungkin tentang perusahaan tersebut, termasuk misi, visi, nilai-nilai, produk atau layanan yang mereka tawarkan, dan berita terbaru. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk menunjukkan minat dan pengetahuan yang mendalam saat berbicara dengan pewawancara.

2. Mempersiapkan pertanyaan: Persiapkan beberapa pertanyaan yang relevan untuk ditanyakan kepada pewawancara. Hal ini menunjukkan minat Anda dalam perusahaan dan peran yang Anda lamar. Juga, ini adalah kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam tentang perusahaan.

3. Pahami posisi yang Anda lamar: Tinjau kembali persyaratan pekerjaan dan cari tahu apa yang diharapkan dari posisi yang Anda lamar. Identifikasi keterampilan dan pengalaman yang relevan yang dapat Anda tunjukkan selama interview.

Baca Juga: RA Tersangka Pencabulan Anak Yang Viral Karena Sumpah Pocong Akhirnya Ditangkap Pihak Polda Sumsel

4. Latihan pertanyaan wawancara umum: Persiapkan jawaban untuk pertanyaan wawancara umum seperti tentang pengalaman kerja sebelumnya, kekuatan dan kelemahan Anda, serta alasan Anda menginginkan posisi tersebut. Latihan ini akan membantu Anda merasa lebih percaya diri selama interview.

5. Praktikkan wawancara: Mintalah bantuan teman atau anggota keluarga untuk melakukan simulasi wawancara dengan Anda. Hal ini akan membantu Anda merasa lebih nyaman dan mengasah keterampilan komunikasi dan presentasi Anda.

6. Perhatikan penampilan dan sikap: Kenakan pakaian yang sesuai dan profesional sesuai dengan budaya perusahaan. Berikan sikap yang ramah, percaya diri, dan bersemangat selama interview. Jaga bahasa tubuh Anda agar terlihat terbuka dan tertarik.

Halaman:

Editor: Adi Rahmatulloh

Sumber: Instagram

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X