• Senin, 27 Juni 2022

Waspada Ada Aplikasi Sholat dan Adzan Curi Data Penggunaan Beredar di Play Store

- Sabtu, 16 April 2022 | 22:18 WIB
Dittipidsiber Bareskrim Polri mengumumkan 10 aplikasi sholat dan adzan yang diduga pencuri data (Tangkapan layar @instagramccicpolri)
Dittipidsiber Bareskrim Polri mengumumkan 10 aplikasi sholat dan adzan yang diduga pencuri data (Tangkapan layar @instagramccicpolri)

infosumsel.ID - Sebuah aplikasi sholat dan adzan diduga mencuri data pribadi beredar di Play Store yang sudah diundah 10 juta pengguna.

Tindak kejahatan pencuri data yang memanfaatkan momen umat Muslim di bulan ramadhan berkedok aplikasi bukan barang aneh di era digital dan dampaknya meresahkan korban yang disasar yang disalahgunakan oleh si pencuri.

Dikutip dari akun instagram Dittipidsiber Bareskrim Polri @ccicpolri, meminta masyarakat mewaspadai aplikasi sholat dan adzan pencuri data beredar di Play Store.

Baca Juga: Kemenlu AS Sebut Banyak Pelanggaran HAM di Indonesia Karena Aplikasi Pedulilindungi

"Waspada Aplikasi Salat dan Azan Pencuri Data Pribadi Beredar di Play Store, Sudah Diunduh 10 Juta Pengguna," tulis akun tersebut, dikutip infosumsel.ID, Sabtu (16/4/2022).

"Sobat Siber, waspada akan modus pencurian data pribadi berkedok aplikasi salat dan azan. Aplikasi tersebut telah banyak diunduh di Play Store." Sambungnya.

Baca Juga: Moment Ramadhan, Ratu Dewa Serahkan 1,2 Ton Beras Untuk Warga yang Membutuhkan

Sebuah analisis melaporkan serangkaian aplikasi yang tersedia di goggle play store yang mengumpulkan data sensitif pengguna dan telah diunduh oleh 45 juta pengguna.

Data para pengguna tersebut berpotensi disalahgunakan secara signifikan akibat dari keamanan server dan database yang buruk.

Baca Juga: Berulah Lagi, Pendeta Saifuddin Sebut Puasa Ramadhan Ngaco

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Sumber: Instagram @ccicpolri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk Simak Tips Interior Rumah Idaman Minimalis

Kamis, 23 Juni 2022 | 07:30 WIB
X