• Selasa, 6 Desember 2022

Sejarah Singkat Hari Guru Nasional yang Diperingati Setiap 25 November, Perjuangan Pendidik Sebelum Merdeka

- Jumat, 25 November 2022 | 11:23 WIB
Setiap tanggal 25 November atau tepat pada hari ini diperingati sebagai Hari Guru Nasional oleh semua pendidik, simak sejarahnya. (freepik.com)
Setiap tanggal 25 November atau tepat pada hari ini diperingati sebagai Hari Guru Nasional oleh semua pendidik, simak sejarahnya. (freepik.com)

infosumsel.ID - Hari Guru Nasional atau disingkat HGN yang selalu diperingati pada tanggal 25 November.

Hari Guru Nasional juga bertepatan dengan hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Adapun sejarah awal Hari Guru Nasional berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda atau PGHB.

Baca Juga: Antisipasi Pencurian Motor di Palembang, Kombes Pol Djuwito Purnomo Turun Lapangan untuk Patroli di Lokasi Ini

Dlansir infosumsel.ID dari Bone.go.id, organisasi tersebut berdiri pada tahun 1912, dan memiliki latar pendidikan yang berbeda-beda.

Tugas PGHB sendiri adalah tentusaja memberi pendidikan kepada masyarakat, di sekolah desa maupun sekolah rakyat.

Namun tidak mudah untuk memperjuangkan anggotanya yang memiliki perbedaan pangkat, status sosial, dan latar pendidikan yang berbeda-beda sehingga berkembanglah organisasi guru lainnya.

Baca Juga: Berapa Harga OTR Innova Zenix di Palembang? Lihatlah Fitur Keren Kijang Generasi ke 7 Ini, Canggih dan Sporty

Dengan adanya organisasi baru semangat guru-guru semakin berkobar, dan sedikit demi sedikit jabatan yang mulanya dijabat oleh orang Belanda diambil alih oleh orang Indonesia satu per satu.

Halaman:

Editor: Mela Puspita

Sumber: bone.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X