• Senin, 27 Juni 2022

Wong Kito Wajib Tahu di Palembang Ada Rumah Ratusan Tiang Berusia Ratusan Tahun Masih Terjaga Bentuk Aslinya..

- Selasa, 10 Mei 2022 | 10:10 WIB
Rombongan Dinas Pariwisata Palembang saat mendatangi rumah panggung ratusan tiang atau rumah tua di (instagram @pariwisata.palembang)
Rombongan Dinas Pariwisata Palembang saat mendatangi rumah panggung ratusan tiang atau rumah tua di (instagram @pariwisata.palembang)

infosumsel.ID - Kota Palembang menyimpan banyak sejarah, salah satunya rumah panggung ratusan tiang rumah tua di Jalan KH Azhari lorong Siliwangi 332 RT 12/RW 03 Kelurahan Lima Ulu Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang.

Di rumah ranggung ratusan tiang memiliki ukuran panjang kurang lebih 40 meter dan lebar 10 meter ini serta memiliki 150 tiang rumah merupakan rumah tua yang berumur ratusan tahun ini pertama kalinya ditemukan oleh Camat Seberang Ulu 1 Mukhtiar Hijrun pada 25 Januari 2022 lalu.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Agenda Pariwisata Palembang Festival Rentak Batanghari

Dikutip dari akun instagram @dinas pariwisata palembang, rumah panggung ratusan tiang miliki oleh Harisun Wangsawan yang sering disapa Ong Wai Sun.

"Ong Wai Sun meninggalkan Palembang dan menetap di Jakarta sejak tahun 1998 saat terjadi kerusuhan dan tidak pernah kesini," dikutip infosumsel.ID dari akun @pariwisata.palembang, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga: Gelorakan FORNAS VI, OKI sukses Gelar Kompetisi Bidar Tradisional

Ong Wai Sun adalah salah seorang pedagang atau saudagar yang konon katanya masih satu marga dengan saudagar Ong Bun Tjit.

sejarah rumah ratusan tiang ini masih dijaga bentuk aslinya dan belum pernah direnovasi termasuk ornamennya memiliki beberapa bagian yakni teras, ruang tamu, ruang kamar sekaligus altar, kemudian ruang keluarga dan terakhir dapur.

Baca Juga: Anggota TNI Gagalkan Aksi Begal di Kebayoran Baru Jakarta Selatan

Sedangkan struktur bangunan rumah ratusan tiang ini sendiri merupakan rumah panggung ini berdinding kayu jenis meranti serta terdiri dari ratusan tiang kayu jenis onglen, yang tiang kayu kokoh tersebut ada kurang lebih 150 tiang.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal 6 Jembatan Musi di Palembang

Selasa, 1 Maret 2022 | 15:32 WIB
X